Minggu, 24 Februari 2013

Tips dan Trik Menulis Surat Lamaran Kerja Via Email

Cara menulis Surat Lamaran Kerja Via Email
     
Semoga contoh surat lamaran kerja ini bermamfaaft bagi anda, langsung aja !

1. Judul Email

Judul email anda haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email anda.
karna itu anda harus menulis judul yang jelas dan singkat. Sebagai contoh, baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Seringkali mereka memimta anda menuliskan code tertentu di judul atau subject email anda. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereke mempunyai beberapa lowongan kerjaan.

2.  Dimana Surat Lamaran Ditulis
Apakah surat lamaran ditulis di badan email atau di file sendiri. Sesuai ketentuan umum berbagai perusahaan yang bergerak di bidang merekrut baik perusahaan nasionala maupun multinasional. Surat lamaran dapat langsung ditulis pada badan email (di dalam email).

3. Bagaimana dengan Resume
Jangan menulis resume anda di badan email. Tuliskan dalam file sendiri dan jadikan sebagai lampiran email anda.

4. Jenia File Attach yang Dikirim
Pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerja, jenis file yang boleh anda kirim. Walaupun pada umumnya meminta MS Woed, terkadang mereka mengijikan anda untuk mengirimkan file format pdf, xls dantxt. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume anda dalam file MS Word (doc).

5. Ukutan atau Bobot Email

Usahakan ukuran email anda termasuk lampirannya tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file di attach. karna itu periksa dulu ukuran besar file yang akan anda lampirkan. Jika anda diminta menampilkan foto, jangan masukkan file foto yang sizenya terlalu besar. Perkecil sizenya dengan menggunakan program photo editor.

6. Dijadikan Satu dalam Bentik ZIP
Bentuk file zip adalah bentuk file yang dipadatkan. Bahkan banyak perusahaan yang meminta agar file-file yang dilampirkan dijadikan satu dalam sebuah file zip. Sehingga selain sizenyamenjadi lebih ringan/kecil, juga jumlah file yang dikirim menjadi hanya satu file.

7. File Attach yang Terlalu Besar Akan Diabaikan
Bila anda menerima kiriman file di email yang size-nya besar, sampai 2 MB. Tentunya anda akan malas membukanya. Demikian dengan perusahaan yang akan menerima email lamaran kerja anda. 

8. Lakukan Uji Coba Pengiriman Email.


Semogan Bermanfaat !

Terkait

Description: Tips dan Trik Menulis Surat Lamaran Kerja Via Email Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Tips dan Trik Menulis Surat Lamaran Kerja Via Email
Al
Mbah Qopet Updated at: 23.30

0 komentar:

Posting Komentar